2013/05/21

BRAZUCA dan Teknologi Garis Gawang


Brazuca Adidas.com

Dalam dunia sepak bola, sebuah bola sepak adalah salah satu instrumen penting dalam olah raga ini, seperti halnya perlengkapan lainnya seperti kaus, dan sepatu bola yang mengalami perubahan dari masa ke masa. Begitu pun bola sepak yang ikut mengalami perubahan yang sama dari mulai jenis, bahan dan faktor-faktor lainnya yang mampu mendukung olah raga ini ke arah yang semakin baik.
Dari mulai, Allen bola pertama yang diberi nama sampai Brazuca yang baru-baru ini telah resmi menjadi bolanya piala dunia 2014 di Brazil yang terus memberikan beberapa perubahan yang bisa menunjang agar bola tersebut semakin sempurna dan menjadi salah satu icon di setiap penyelenggaraan turnamen internatioan di setiap negara tuan rumahnya.  
Nama Brazuca sendiri dipilih berdasarkan voting dari seluruh penggemar bola di Brazil menyingkirkan dua nama lainnya Bossa Nova dan Carnavalesca.  Brazuca berasal dari istilah yang digunakan di negara Brazil yang menggambarkan kebanggan nasional dalam cara Brazil hidup. Seperti kedekatan mereka terhadap sepak bola, yang selalu penuh dengan emosi, kebanggaan, dan semangat untuk semua.
Satu kelebihan dari Brazuca adalah dengan diaplikasikannya teknologi garis gawang  GLT System –Goal Line Tehcnology - yang kali pertamanya diaplikasikan di kancah internasional, walapun sebenarnya pertama kali digunakan atau pernah digunakan pada saat piala dunia antarklub pada tahun 2012.
Dengan menggunakan GLT akan membantu wasit dalam mengetahui masuk tidaknya bola ke dalam gawang, sehingga dapat memutuskan lebih cepat dan akurat, dan mengurangi keputusan kontroversi dari persoalan masuk dan tidaknya bola ke dalam gawang.
GLT ini merupakan salah satu teknologi yang canggih dalam dunia sepak bola karena menggunakan chip dalam bolanya, dengan bentuk yang sama namun dengan bahan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tahan terhadap goncangan dan tetap akurat  walapun bola bergerak dengan kecepatan 140 km/jam. 
untuk bagaimana cara kerjanya bisa lihat di : 

http://www.youtube.com/watch?v=qGw1IYOcfHE&feature=player_embedded

Dari sekian banyak sistem, hanya Golaref  dan  Hawk-eye yang di setuji oleh FIFA pada tanggal 5 juli 2012, yang lebih tepatnya oleh International FootBall associated Board.
Di beberapa liga di dunia pun tampaknya akan mulai menggunakan teknologi garis gawang ini mulai musim depan. Sayangnya ada beberapa liga seperti liga Italia dan MLS yang menolak atau masih menunda untuk menggunakan teknologi ini karena beberapa alasan dari mulai harga investasi yang bisa dibilang mahal karena membutuhkan investasi sekitar $ 260 ribu untuk biaya instalasi dan $ 3.900 biaya operasional setiap pertandingan.



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "BRAZUCA dan Teknologi Garis Gawang"

Posting Komentar