2012/07/30

Tips Agar Mata Tetap Sehat

Mata
Mata adalah salah satu panca indera yang sangat berguna bagi kita. Untuk itu, perlulah kita menjaga salah satu panca indera ini. Siapa yang tidak ingin mata kita tetap sehat, jadi kita mesti menjagannya. Di sini ada beberapa tips agar mata tetap sehat, diantaranya
  1. Cahaya yang cukup. Mata membutuhkan cahaya yang cukup untuk bisa membaca dengan baik, karena bila cahayanya kurang dipastikan mata akan cepat lelah. Bila membaca atau melihat di tempat yang cahayanya kurang beberapa organ mata akan dipaksa untuk bekerja lebih ekstra, maka mata pun akan cepat lelah.
  2. Memakai kaca mata. Kelebihan cahaya yang masuk juga tidak baik, apalagi bila cahaya matahari langsung karena bisa merusak retina. Oleh karena itu, bila Anda beraktivitas di bawah cahaya matahari langsung, disarankan untuk menggunakan kacamata hitam yang  bisa menghindari sinar ultraviolet, karena bisa menghidari beberapa penyakit mata, seperti katarak. 
  3. Cara baca. Cara baca yang tidak benar juga bisa membuat mata kita kurang sehat, misalnya seperti membaca di ruang yang kurang cahaya atau membaca sambil tiduran.
  4.  Mengonsumsi vitamin yang cukup. Nah, agar mata kita tetap sehat kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang cukup. Makanan yang mengandung vitamin a, seperti wortel sangat dianjurkan untuk bisa menjaga kesehatan mata. Selain itu, makanan yang banyak mengandung vitamin C, E, seng, lutein, zeaxanthin, asam lemak omega 3 DHA dan EPA juga sangat baik untuk kesehatan mata kita.
  5. Istirahatkan mata Anda. Bila Anda sering baca atau berlama-lama di depan komputer lebih baik bila mengistirahatkan mata Anda sejenak . Apabila bekerja setelah 30 menit, anda bisa istirahatkannya sekitar 5 menit. Bila mata terasa lelah, usahakan jangan dipaksakan, istirahatkanlah dengan melihat benda yang jaraknya sekitar 6 meter dari Anda.
  6. Jarak baca. Jagalah jarak pandang Anda, misalnya pada saat menyaksikan televisi, membaca atau pun dihadapan layar monitor. Usahakan berada tegak lurus dengan yang Anda baca atau televisi dan usahakan jangan terlalu dekat. Bila tidak tegak lurus dengan pandanga akan membaut mata Anda cepat lelah dan sakit.
  7.  Jangan dikucek. Bila Anda kelilipan, usahakan untuk tidak mengucek mata karena bisa-bisa merusak bola mata.  Lebih baik, menggunakan tetes mata atau membasuhnya dengan cairan khusus pembersih mata.
  8. Bila memakai lensa mata. Bila Anda adalah pengguna lensa mata. Ada beberapa hal yang harus dihindari, diantaranya menggunakan lensa mata pada saat Anda tertidur, menggunakan air liur untuk membersihkannya. Bila menggunakan pembersih khusus lihatlah apakah cairan tersebut belum kadaluarsa, karena bila sudah kadaluarsa akan mengakibatkan sakit yang luar biasa yang akhirnya bisa kehilangan penglihatan.  
  9. Gunakan pelindung mata. Bila Anda berolah raga atau bekerja dibidang konstruksi atau mengelas. Lebih baik menggunakan pelindung mata untuk menghindari cedera pada mata. 
  10. Periksakanlah. Bila memang diperlukan periksakanlah mata Anda, agar mengetahui kesehatannya.
     Itulah sebagian hal yang bisa menjaga kesehatan mata Anda. Jadi, jagalah mata Anda karena merupakan salah satu panca indera yang sangat penting.








 Bacaan lainnya :

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tips Agar Mata Tetap Sehat"

Posting Komentar