2012/08/02

Tarik Tambang atau Tug Of War

Olah raga Tarik Tambang

Perhelatan olimpiade sedang bergulir di london dengan berbagai macam cabang olah raga dan diikuti oleh berbagai negara. Bila dilihat dari cabang olah raga yang pernah diadakan, ternyata ada cabang olah raga unik yang pernah di lombakan di olimpiade, salah satunya adalah Tug Of War atau yang sering kita sebut dengan tarik tambang.
  Tarik tambang dilakukan oleh dua tim yang saling berhadapan dengan saling menarik tali tambang, dengan arah yang berlawanan. Dalam hal ini berarti tarik tambang termasuk dalam olah raga adu kekuatan. Biasanya, satu kelompok berjumlah 8 orang.
Tug Of War atau tatik tambang ini telah dikenal sejak dulu kala, kira-kira pada abad 5 SM atau 8 SM di negeri Cina dan Mesir Kuno. Bahkan seperti yang telah diulas tadi di atas bahwa tarik tambang pernah menjadi salah satu cabang olah raga yang pernah dilakukan pada saat Olimpiade pada tahun 1900 sampai 1920.
  Yang harus diperhatikan pada saat melakukan olah raga tarik tambang adalah tali tersebut diberi tanda di tengah-tengah. Bila tanda tersebut telah mendekati tim yang satu dan tim lawannya telah melewati batas atau parit, tim yang terjatuh dianggap kalah. Pada saat menariknya pun harus di bawah lengan, orang yang menarik tidak boleh terjatuh, atau pun mengunci dengan cara menyimpan sikut di bawah lutut dianggap melakukan pelanggaran dan tim lawan yang menjadi pemenangnya.
  Di Indonesia tarik tambang malah telah dikenal bahkan masih sering dilakukan dalam beberapa kegiatan seperti, dalam acara lomba pada saat menyambut HUT Kemerdekaan atau pada saat acara-acara luar ruangan atau pun dalam ruangan sebagai hiburan.

  

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tarik Tambang atau Tug Of War"

Poskan Komentar