2010/11/06

Kalimat


Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, kita tentunya sering berkomunikasi dengan orang lain. Baik itu secara langsung ataupun menggunakan alat bantu atau melalui media. Media-media untuk berkomunikasi pun di masa sekarang ini sudah sangat beragam mulai dari telepon sampai menggunakan media-media di internet. Pada saat melakukan komunikasi, seseorang akan mengomunikasikannya dengan bentuk kata-kata, gerak tubuh , sandi-sandi atau tulisan.
Namun, dalam melakukan komunikasi tersebut terutama dalam bentuk tulisan, tidak hanya dengan bentuk kata. melainkan berasal dari susuna huruf yang menjadi sebuah kata yang kemudian diteruskan menjadi sebuah kalimat
Kalimat bisa dilihat dari beberapa sisi. Dilihat dari fungsi, kalimat adalah alat komunikasi. Jika dilihat dari bentuk dan proses terjadinya, kalimat membentuk suatu unsur atau pola yang terdiri dari unsur-unsur yang teratur (Razak,1990:3)  
Lalu, apa yang jadi ciri sebuah kalimat ?
Kalimat terdiri dari satu kata atau lebih yang menjadi kesatuan yang dibatasi oleh adanya jeda panjang yang disertai nada akhir turun atau naik. Kalimat adalah kesatuan bahasa terkecil yang lengkap dan memiliki intonasi final. Suatu kesatuan kata bisa disebut kalimat apabila di dalamnya minimal memiliki subjekdan Predikat, diawali huruf kapital dan diakhiri tanda tanya (?), tanda titik (.), tanda seru (!). 


Semoga Bermanfaat

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Kalimat"

Posting Komentar