2010/11/07

PELAYANAN PELANGGAN

Kodak Mini Video Camera with SD Card (Grey)Dalam dunia usaha apapun jenis dari usaha yang dijalankan, baik dalam bentuk jasa, barang, atau usaha yang lainnya sangat dibutuhkan adanya pembeli atau costumer untuk dapat membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Semakin banyak pembeli yang datang atau pun memesan produk yang ditawarkan otomatis produk yang ditawarkan pun menjadi laku dan yang menjual produk tersebut pun mendapatkan keuntungan.
Hal itu akan terjadi apabila pelanggan merasa terpuaskan oleh produk atau jasa yang ditawarkan, mereka akan merasakan kenyamanan menggunakan produk tersebut. kemungkinan besarnya adalah mereka akan kembali lagi untuk menggunakan produk yang sama atau produk lainnya yang ditawarkan. Karena pelanggan tersebut sebagai mahkluk sosial yang pastinya akan melakukan interaksi dengan orang lain. Baik secara langsung atau tidak langsung pun akan menceritakan kepuasannya menggunakan produk tersebut kepada orang lain. Kemungkinannya, salah satu dari orang tersebut atau memerlukan atau butuh terhadap produk tersebut akan tertarik untuk menggunakannya.
Lain halnya ketika seorang pelanggan merasa tidak terpuaskan atas produk yang ditawarkan. Mereka akan menceritakan ketidakpuasannya kepada banyak orang. Sehingga orang lainpun akan berfikir kembali untuk membeli produk yang ditawarkan.
Kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan pun, akan melalui beberapa proses dan tidak serta merta akan merasakan kepuasan pada saat memakai produk tersebut. Awalnya seorang pelanggan akan memikirkan barang atau jasa yang dibutuhkanya, kemudian akan masuk kedalam proses pembelian akan mencari barang atau jasa yang dibutuhkan sesuai dengan keperluannya dengan mempertimbangkan apakah produk tersebut cocok atau tidak untuk digunakan atau dikonsumsi. Selanjutnya akan masuk ke dalam tahap penggunaan barang atau jasa tersebut. nah setelah menggunakan barang tersebut maka barulah akan merasakan bagaimana kualitas atau pelayanan yang dirasakan.
Agar pelanggan dapat mencapai kepuasannya. Ada beberapa hal yang diperhatikan, mulai dari memperhatikan kebutuhan dari pelanggan tersebut. Apa yang mereka inginkan atau apa yang mereka butuhkan. Setelah itu, mutu dari produk yang ditawarkan telah mencapai standar minimal dari setiap pelanggan yang membutuhkan barang atau jasa tersebut. Kemudian, pelanggan akan membutuhkan atau melihat produk tersebut agar dapat meyakinkan bahwa produk tersebut benar-benar seperti yang mereka butuhkan atau inginkan. Dan yang terakhir adalah pelayanan, meskipun hal-hal di atas telah terpenuhi tetap saja membutuhkan pelayanan yang baik, bila pelayanan kurang baik kemungkinannya akan mengurangi mood dari calon pelanggan tersebut. Kemungkinanya akan mengurungkan niatnya untuk membeli produk yang ditawarkan.
Jadi, dengan pelayanan yang baik dan ramah walaupun pada akhirnya pelanggan tersebut tidak membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan, setidaknnya mereka telah terpuasakan dengan pelayanan yang telah diberikan.



Semoga bermanfaat
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "PELAYANAN PELANGGAN"

Posting Komentar